Sejarah Sekolah

Bagi Aku

Sejarah Berdirinya SMP Katolik Sang Timur Karang Tengah

SMP Katolik Sang Timur merupakan salah satu sekolah swasta di kota Tangerang yang bernaung dalam Yayasan Karya Sang Timur. Sekolah ini berdiri pada tanggal 15 Juli 1995. Mulai beroperasi pada tanggal 02 Februari 1996  dengan membuka pendaftaran murid baru untuk 3 pararel di pimpin Sr. Maria Paula PIJ sebagai kepala sekolah pertama.

Pada tanggal 02 Januari 1998 keluar Surat Ijin Operasional Sekolah dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. Selama 1 tahun sekolah ini menginduk di SMPN 3 atau rayon sekolah sebelum sekolah ini mendapat status DISAMAKAN, 3 tahun kemudian pada tahun 1999 sekolah ini melaksanakan Akreditasi dan sekolah ini mendapat status sekolah DISAMAKAN dipimpin oleh Sr. Faustina PIJ kepala sekolah kedua (tahun ajaran 1997 – 2003). Mulai saat itu sekolah  dapat menyelenggarakan Ujian Nasional sendiri dan tidak lagi bergabung di SMPN 3.

Pada hari Minggu 03 Oktober 2004 pagi akses jalan utama yang menuju komplek Sang Timur ditutup oleh warga sekitar yang tidak menginginkan sekolah digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat katolik di Paroki St. Bernadeth Ciledug. Namun keadaan ini tidak menyurutkan semangat guru, karyawan dan anak-anak  untuk belajar di Sang Timur.

Pada tahun 2005 dilaksanakan kembali akreditasi dengan hasil yang memuaskan yaitu Ter-Akreditasi dengan nilai 96,21  (A/Amat Baik) dipimpin oleh Sr. Clara Ancilla PIJ selaku kepala sekolah ketiga (tahun pelajaran 2003-2006). Meskipun sekolah ini tidak mempunyai akses jalan yang baik namun semangat dan minat para orang tua tidak surut untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMP Katolik Sang Timur.

Pada tahun 2010 SMP Katolik Sang Timur melaksanakan kembali Akreditasi sekolah dengan nilai 97,00 (A /Amat Baik) dipimpin oleh Bpk. Filipus Sumiyarsono, S.Pd. selaku kepala sekolah keempat (tahun pelajaran 2007-2014). Dengan hasil ini semakin memperbesar minat anak-anak SDK Sang Timur dan sekolah-sekolah lain di wilayah Karang Tengah dan sekitarnya untuk masuk di SMP Katolik Sang Timur.

Setiap awal tahun pelajaran jumlah Peserta Didik makin meningkat dan sampai saat ini SMP Katolik Sang Timur telah meluluskan 21 angkatan. Dan pada tahun 2018 ini sekolah genap berusia 22 tahun, tentu usia yang masih sangat muda namun segudang prestasi sudah diraih antara lain Juara I Karawitan Anak tingkat nasional bekerjasama dengan RRI.

Kemudian pada tanggal 26 Agustus 2012 SMP Katolik Sang Timur menyelenggarakan pagelaran seni tari dan Wayang kulit di Anjungan DIY TMII. Ini adalah karya seni Peserta Didik SMP Katolik Sang Timur Karang Tengah bekerjasama dengan sekolah Sang Timur lainnya. SMP Katolik Sang Timur mencoba menyatukan unit-unit untuk mengapresiasikan seni dan budaya bangsa sekaligus merayakan 80 tahun Karya Sang Timur di Indonesia. Dalam kegiatan ini pula sekolah diminta oleh MNC TV untuk mengisi acara “Bimbingan Rohani Katolik“ di sebuah stasiun televisi swasta. Kegiatan ini untuk yang kedua kalinya setelah pada tahun 2010 mengisi acara yang sama dan sebagai nara sumber Sr. Kristella PIJ selaku ketua Yayasan Pusat dan Kepala Sekolah SMP Katolik Sang Timur.

Pada bulan Juli 2014, kepemimpinan SMP Katolik Sang Timur dipercayakan kepada Ir. Sr. Yosefina Maria PIJ, M.Pd. Melihat dan mempertimbangkan potensi peserta didik dan kondisi lingkungan, maka merupakan peluang besar bagi SMP Katolik Sang Timur ini untuk mengembangkan lembaga pendidikan ini sebagai sekolah berbasis Enterpreneurship, berbasis lingkungan. Sekolah ini juga memiliki keunggulan di bidang seni Karawitan.

Dan bulan Juli 2015, kepemimpinan SMP Katolik Sang Timur Karang Tengah dipercayakan kepada Sr. Maria Helaria PIJ, S.Pd. Ada begitu banyak prestasi dan kegiatan yang dikembangkan oleh beliau, seperti pensi di TIM, ELC, Mandarin, dan berbagai prestasi yang diraih selama kemimpinan beliau. Dari sekian banyak yang telah ditorehkan dan dikembangkan program yang baru dijalankan di tahun ajaran 2017/2018 yaitu SIM Sekolah yang mana mempermudah para guru, peserta didik dan orang tua untuk memantau perkembangan secara periodik kegiatan sekolah, prestasi, pengumuman, nilai siswa dan lain sebagainya.

Dan pada bulan Juli 2018, kepemimpinan SMP Katolik Sang Timur Karang Tengah dipercayakan kepada Sr. Maria Melania PIJ, S.Pd.